Hari Lahir

 

APA YANG KAMU ingat dari hari lahir? Orang bijak bilang, hari lahir saat yang pas buat mengingat kebalikannya, yakni kematian. Saya tak punya imajinasi mengenai hal itu. Sesungguhnya itu bukan hal penting. Yang saya tahu ini: kehidupan adalah akal sehat yang terus-menerus dipaksa bergulat dengan kegelisahan dan kegilaan.

Mungkin ada satu tahun bagi saya ke depan untuk menjalani pergulatan itu. Siapa yang tahu, kan? Yang diguratkan memang begitu. Kamu tak tahu kapan mati tapi kamu tahu hari lahirmu, bahkan pada saat kamu tertidur. Untungnya mimpi adalah impase dan impian adalah jembatan di antara lahir dan mati.

Saya sendiri belum, dan takkan sanggup, menerima orang-orang terdekat saya pergi mendahului saya. Bila saya pulang, kata yang sangat sulit saya definisikan sekarang, seringkali cerita-cerita dari keluarga disisipi seseorang di rumah itu telah meninggal, saudara yang itu sakit keras, bibi A dan Paman si anu pergi karena sudah tua. Hal itu selalu membawa saya pada perasaan: dimanapun saya berada, kampung halaman tetap menjadi bagian di dalam diri saya, tersembunyi sekecil apapun, tempat saya memiliki hubungan.

Bila saya ditanya apa yang kamu harapkan setahun ke depan? Saya jawab sesederhana saat saya lahir: saya ingin hidup lebih sabar dan punya waktu untuk berbagi, serta ibu dan ayah sehat selalu.

Hidup adalah keajaiban, kata seorang teman. Bahkan bila duniamu berputar hebat, dan kegilaan-kegilaan yang kamu tahu itu sangat buruk bagi apa yang kamu yakini. Bahkan bila dunia terus-menerus memproduksi senjata dan negaramu mewarisi Kutukan. Anggap saja itu keajaiban yang lain.

🙂

13 pemikiran pada “Hari Lahir

  1. Like u said, life is a miracle and what comes within is a bunch of surprise. No one knows, for sure, what happen next. But that’s what makes life exciting.

    So, happy bday Fahri… May your life full of happiness and many surprises 😉

  2. “Saya jawab sesederhana saat saya lahir: saya ingin hidup lebih sabar dan punya waktu untuk berbagi, serta ibu dan ayah sehat selalu.”

    Sayangnya yang akan dibagi selalu terasa kurang ya…

  3. Selamat ulang tahun Mas Fahri. Semoga terus dan makin banyak dalam memproduksi kata dan makna dalam blog ini.

    Mas, kalau ke Jogja kabari ya, mungkin aku bisa ketemu, mau nanya2.

  4. Kalau aku Om Fahri… sering lupa hari lahir. Termasuk hari lahirku sendir. Kadang baru ngeh klo ultah pas ada yang ngucapin happy birthday. Kawan-kawan dekat jg sering protes dg penyakit lupa hari lahir ini. Sejauh ini aku hanya berhasil selalu ingat hari lahir suamiku & ibuku, selebihnya aku pasrah pada FB yang selalu ingetin hari lahir kawan-kawan. Jd tolong maafkan jika akupun melupakan hari lahirmu. Lelaki Sagitarius, ya kan ? uh uh, harusnya aku ingat ! diantara semua lelaki Sagitarius yg kukenal, hanya kaulah yg paling enonjol ke-sagitarius-annya. 🙂
    Semoga kebaikan, keberuntungan, & kebahagiaan selalu menaungimu di tahun-tahun mendatang, Om Fahri… Biarpun terlambat…Happy Birthday yah !!

Tinggalkan Balasan

